f

Report 2017: Performa PTN / PTS

Alhamdulillah, Report 2017 (klik di sini untuk membaca laporan lengkap) yang kami susun telah terbit, mengikuti siklus pembuatan laporan 3 tahunan Atigamedia Research. Terbitan ketiga ini kami beri judul "Performa PTN/PTS Tahun 2017".

Pada tahun 2017 ini, kami bergeser fokus ke penyajian informasi berbasis data pemeringkatan akreditasi yang disediakan BAN-PT. Tahun 2016 lalu BAN-PT mengubah banyak hal dalam penyajian data publik akreditasi institusi dan program studi PT di website-nya. Ini membuka banyak peluang untuk mengolah dan menyajikan data tersebut ke dalam berbagai format berdasar banyak sudut pandang.



Cakupan penelaahan juga berkembang. Jika di tahun 2011 dan 2014 kami hanya fokus ke PTN (perguruan tinggi negeri), maka di tahun 2017 kami mulai menganalisis PTS (perguruan tinggi swasta) juga. Hal ini seiring kondisi riil di masyarakat di mana tidak semua orang dapat diterima di PTN dan tetap memerlukan banyak informasi berkenaan dengan PTS.


Tujuan kami tetap sama yaitu untuk menyediakan informasi yang cukup bagi para lulusan SMA/SMK yang ingin masuk ke perguruan tinggi. Sebagai pembanding, silakan simak juga Report 2014 dan Report 2011 yang menggunakan data SNMPTN sebagai dasar telaah.

Update: Di penghujung penutupan SBMPTN 2017, kami berhasil menuntaskan "penyedotan" data lengkap pendaftar di setiap Prodi pada tahun 2016. Ini data penting yang dapat memberikan gambaran Prodi favorit "pilihan rakyat". Dengan data tambahan berupa kapasitas daya tampung setiap Prodi di tahun 2017, gabung data tersebut bisa membantu kita mendapatkan informasi tingkat kompetisi seluruh Prodi di PTN. Itu semua dapat memperkaya Report 2017 yang kami susun.

Semoga bermanfaat.

Salam,
Atigamedia Research

Posting Komentar

1 Komentar

  1. adakah data total daya tampung PTS seluruh indonesia? prosentasenya dibandingkan dengan daya tampung ptn 2017

    BalasHapus